Pasukan Khusus Spetnaz [Federasi Rusia]

Badge Spetsnaz
Russian Special purpose regiments or Spetsnaz (Voyska Spetsialnogo Naznacheniya, dibaca Spetsnaz) yang mempunyai arti "pasukan khusus" dalam bahasa Rusia. atau "tujuan khusus". Pasukan khusus Rusia ini bisa berada dalam satuan apapun yang berada di bawah otoritas Federal Security Boreau (FSB) atau Internal Troops of Russian Ministry of Internal Affairs (gampangnya ini seperti Polisi Militernya Militer), dan Spetsnaz berada di bawah kontrol dari GRU (Glavnoye Razvedyvatel'noye Upravleniye = General Staff of the Armed Forces of the Russian Federation atau Directorat Pasukan Bersenjata Uni Sovyet - waktu Russia masih belum terpecah)

Logo Spetsnaz
Spetsnaz GRU adalah cikal bakal dari Spetsnaz yang sekarang. Dibentuk pada tahun 1974 oleh Yuri Andropov untuk melakukan misi-misi spesial.
Spetsnaz GRU secara umum adalah merupakan pasukan terlatih yang terbaik (Best of The Best) dalam Angkatan Bersenjata Rusia. Dengan beranggotakan 15.000 personil yang tersebar di seluruh dunia (merupakan pasukan khusus dengan anggota terbanyak sampai saat ini).
Tidak terlalu banyak informasi yang bisa dikumpulkan sampai saat ini mengenai Spetsnaz GRU.

Pada sekitar tahun 1970an dibentuklah pasukan khusus di bawah kepemimpinan Yuri Andropov dan pasukan ini merupakan cikal bakal dari Spetsnaz yang ada sekarang. Pihak Barat pun cukup dikejutkan dengan keberadaan mereka sehingga ada sebutan khusus untuk Spetsnaz yaitu "Diversionary Brigades" atau "Brigade Pengalih Perhatian". Sampai sekarangpun Spetsnaz masih merupakan bagian dari "pasukan siap perang" Rusia walaupun misi mereka sudah berubah sesuai dengan perubahan jaman.

Action Spetsnaz
Spetsnaz dibuat sebagai bagian pasukan dari GRU (Glavnoye Razvedyvatel'noye Upravleniye) dan pada tahun 1980an anggota Spetsnaz mencapai sekitar 30.000 orang dan saat ini diperkirakan sekitar 15.000 orang masih aktif di Rusia. Mereka ini terbagi menjadi 1 kompi Spetsnaz per pasukan/batalion, 1 resimen Spetsnaz di tiap 3 daerah operasi/, 1 brigade Spetsnaz di ke empat Armada Laut Rusia, dan satu brigade independen Spetsnaz di sebagian besar distrik militer Uni Sovyet sebelum terpecah belah. Selain itu di dalam Spetsnaz sendiri masih ada unit kesatuan khusus inteligen, 1 grup dalam setiap Pasukan Garis Depan dan Armada Laut, diperkirakan ada sekitar 200 orang.

Baret Spetsnaz
1 kompi Spetsnaz terdiri dari 135 orang yang beroperasi dalam 15 team yang berdiri sendiri, tetapi walaupun demikian mereka bisa digabungkan untuk sebuah misi dengan tujuan spesifik. Sebuah brigade Spetsnaz bisa terdiri dari 1000 sampai 1300 orang dan berada pada sebuah markas besar dengan 3 sapai 4 batalion penerjun payung, 1 kompi komunikasi dan pasukan pendukung. Ini juga termasuk sebuah kompi anti VIP yang terdiri dari 70-80 orang prajurit yang misinya adalah untuk mencari, mengidentifikasi dan mengeksekusi politisi dan pemimpin2 militer. Sedangkan untuk Spetsnaz Angkatan Laut ada dalam sebuah markas besar dengan 2-3 batalion pasukan katak, 1 batalion penerjun payung, 1 unit pendukung dan 1 kompi anti VIP. Mereka juga diperlengkapi dengan kapal selam kelas menengah untuk membawa para pasukan katak ke tujuan yang lebih jauh.

Pisau khusus yang dipakai Spestnaz
Keberadaan dari Spetsnaz sangatlah amat rahasia sekali dalam Pakta Warsawa dan setiap anggotanya tidak diijinkan untuk mengungkapkan mengenai keanggotaannya. Walaupun mereka adalah pasukan khusus dalam keseharian atau tugas khusus mereka hanya mengenakan seragam dan tanda-tanda keprajuritan layaknya prajurit biasa. Jika mereka berada pada angkatan darat maka mereka mengenakan seragam dan tanda keprajuritan layaknya prajurit biasa, begitu pula dengan Spetsnaz yang bertugas di angkatan laut mereka juga mengenakan seragam yang sama dengan kesatuan dimana mereka berada.

Pose bersama [Spestnaz]
Pada saat Uni Sovyet terpecah belah setiap negara bagian membawa setiap anggota Spetsnaz yang ada di negara mereka sebagai bagian dari negaranya atau merubah pasukan terjun payung mereka menjadi Spetsnaz. Di Rusia sendiri Spetsnaz kurang dalam pelatihan dan perlengkapan dibandingkan pada masa tahun 1970 dan 1980an. Selain daripada itu mereka tetap eksis walaupun jumlah mereka tidak diketahui dengan pasti.