Pasukan Khusus The Green Beret [Amerika]

The Green Beret
Badge The Green Beret
Pasukan khusus AD AS ini dirancang dan dibentuk pada 1940-an. Gagasannya berasal dari PD II. Waktu itu pasukan sekutu mengalami kekalahan di Filipina dan Eropa. Tapi ada beberapa kelompok yang masih bertahan di sejumlah kantung di daerah musuh. Pasukan-pasukan itu kemudian dimanfaatkan AD AS untuk “menggedor” pertahanan musuh.

Dari kelompok itulah muncul A Team. Terdiri dari 12 orang, kelompok ini memang punya reputasi hebat. Mereka, misalnya, bisa melatih, memimpin dan mempersenjatai 1.500 pasukan dalam waktu singkat. Padahal sukarelawan itu, yang diambil dari penduduk setempat, sebelumnya sama sekali buta tentang kemiliteran dan tak mengerti bahasa inggris. A Team kemudian menjadi cikal bakal US Army Special Force (USASF), nama resmi pasukan ini.
Lebih popular dengan sebutan Green Beret, yang diambil dari warna topi yang dipakai pasukan ini, ada tiga macam misi yang dijalankannya. Yakni UW (Unconventional Warfare), FID (Foreign Internal Defense), STRAT RECON (Strategy Reconnaisannce), dan STRIKE MISSION.
Lambang Green Beret di Baret
 UW, adalah misi melatih penduduk setempat untuk melawan penguasa. Sebaliknya FID, mereka meningkatkan mutu pasukan pemerintah untuk menghadapi gerilyawan pemberontak. Misi bertiga berfungsi mengumpulkan data ttg musuh. Pencarian ini dilakukan langsung di garis pertahanan musuh. STRIKE MISSION, adalah penyerangan ke titik vital pertahan musuh. Sekarang, Green Beret berkekuatan sekitar 5000 orang.
The green beret action
“beritahu saya apa yang anda ingin anda capai dan saya akan melakukannya, tapi jangan ajari saya bagaimana caranya.” inilah ungkapan khas prajurit special force Green Beret. anggota pasukan green beret memiliki kemampuan dan pelatihan di atas rata-rata pasukan biasa: IQ mereka di atas rata-rata, mampu beradaptasi dengan medan tempur yang baru, dan memiliki mental baja. mereka dilatih menjadi penyergap, pengintai, dan penyerang yang andal lewat latihan-latihan extra berat. peluang kelulusannya 1 dibanding 100.
presiden J.F Kennedy tahu kemampuan mereka. karena itu dia memerintahkan agar pasukan SF segera diberangkatkan ke vietnam untuk mengatasi gerilyawan viet cong.
Tentara The green beret
Persenjataan
prajurit SF Green Beret cenderung berkreasi, dan modifikasi senjata yang tidak diijinkan serta eksperimen ganjil terhadap amunisi adalah hal yang umum. seperti senjata ringan yang laras dan popornya dipotong,dan berbagai macam bahan peledak dan jebakan yang mengerikan.

Senjata perorangan
senjata perorangan pada saat itu adalah senapan kal .30 M1903A3, springfield 03, senapan semi-otomatis M1 dengan berat 4 3/4 kg, M1 Garand, M1C,M1D, karabin kal .30 M2 , pistol mitraliur(SMG) kal .45 M3A1, XM16, SMG MP.40, SMG Carl, SMG Madsen M/50, XM177, XM117 E1, CAR-15, M-16.
Baret The green beret
Senjata berawak
senapan mesin ringan Browning kal .30 M1919A6, M60, Browning kal .50 M2HB(Heavy Barrel-laras tebal), mortir M19, mortir M29
tak puas dengan senjata-senjata itu, maka ada sebagian anggota SF yang mengambil senjata AK-47 saat musuh sudah dikalahkan