Sunday, April 17, 2011

Kavaleri di TNI AD

Logo Kavalari
Kavaleri berasal dari bahasa Latin caballus dan bahasa Perancis chevalier yang berarti "kuda". Awalnya istilah kavaleri mengacu kepada pasukan berkuda, namun dalam perkembangan zaman, kavaleri bertempur dengan menggunakan kendaraan lapis baja. Pasukan kavaleri berperan sebagai satuan yang mampu bergerak cepat dan mobile sekaligus berfungsi sebagai penyerang pendadakan atau pendobrak yang akan membuka jalan bagi pasukan infanteri

Di TNI-AD dan Korps Marinir, istilah kavaleri adalah semua hal yang menyangkut semua kendaraan berlapis baja, roda ban atau roda rantai baik yang bersenjata kanon ataupun tidak (misal kendaraan angkut personil). Meski demikian, Kavaleri TNI AD tetap memiliki satuan kavaleri berkuda yang tergabung dalam Detasemen Kavaleri Berkuda TNI AD yang berkedudukan di Parongpong, Bandung.

Semboyan khas dari satuan Kavaleri TNI-AD adalah Tri Daya Cakti yang berarti daya gerak, daya tembak dan daya kejut . Embrio kavaleri TNI AD sudah mulai tumbuh selama perang kemerdekaan. Diawali pada periode revolusi fisik 1945-1949, para pejuang Indonesia yang tergabung dalam Bala Keselamatan berhasil merampas kendaraan lapis baja tentara Belanda. Kendaraan-kendaraan tersebut akhirnya digunakan Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk menghadang sekutu yang melakukan pendaratan di Surabaya. Kavaleri Angkatan Darat dibentuk berdasarkan SK KASAD No 5/KSAD/Pntp/50 tanggal 9 Februari 1950 dengan komandannya yang pertama Letkol Kav RMS Soerjo Soejarso (1950-1957) lalu digantikan Letkol Kav RS Sadeli (1956-1958).



Baret Hitam Kavalari
Batalyon Kavaleri (Yonkav) adalah batalyon pasukan kavaleri Tentara Nasional Indonesia (TNI). Berbeda dengan Batalyon Infanteri, Batalyon Kavaleri tidak selalu terdiri dari 600-1000 personel. Ukuran Batalyon bagi Korps yang menggunakan Baret Hitam ini biasanya menggunakan jumlah kendaraan yang dimiliki, misal terdiri dari sekian tank atau sekian panser. Misalnya, pada Batalyon Kavaleri di lingkungan Kostrad, satu peleton kavaleri terdiri atas 3 tank Scorpion dan 1 tank Stormer APC. Lebih jauh, tiga peleton membentuk tiga kompi, dan akhirnya tiga kompi membentuk satu batalyon.
Pembinaan Kesatuan Kavaleri berada dalam lingkup tugas Pussenkav (Pusat Kesenjataan Kaveleri) TNI AD yang bertugasm enyelenggarakan pembinaan Fungsi Kesenjataan Kavaleri, Pendidikan dan Latihan, Penelitian dan Pengembangan serta Pengembang biakan Kuda Militer di lingkungan Angkatan Darat dalam rangka pembinaan kemampuan dan kekuatan kesenjataan Kavaleri serta pembinaan satuan Kavaleri.

Persenjataan
Tank Scorpion
Unsur persenjataan utama Yonkav ada dua macam, yaitu tank dan panser. Ada Yonkav yang persenjataannya khusus panser (Yonkav Panser) atau khusus tank saja (Yonkav Tank), atau gabungan antara keduanya (Yonkav Serbu). Contoh Yonkav yang persenjataannya hanya tank: Yonkav 1/Tank Kostrad. Sedang khusus panser, contohnya Yonkav 7/Panser Khusus Kodam Jaya. Contoh yang gabungan: Yonkav 9/Serbu (Kodam Jaya), Yonkav 4/Serbu (Kodam III/Siliwangi). Meski demikian, Yonkav yang berunsur gabungan panser dan tank adalah bentuk yang paling umum.Selain itu masih terdapat juga satuan kavaleri lain dalam bentuk kompi kavaleri berdiri sendiri atau detasemen kavaleri di lingkungan TNI-AD.

Kompi kavaleri
Kompi kavaleri panser yang ada di tiap Kodam adalah dalam rangka penyempurnaan organisasi kavaleri yang nantinya di masing Kodam terdapat satu batalyon kavaleri tank dan satu kompi panser.
Satuan Setingkat Kompi dalam satuan kavaleri TNI-AD meliputi:
  1. Kikavtai Divif 1/Kostrad
  2. Kikavtai Divif 2/Kostrad
  3. Kikavser Kodam I/Bukit Barisan di Pekanbaru
  4. Kikavser Kodam IV/Diponegoro di Yogyakarta
  5. Kikavser Kodam V/Brawijaya
  6. Kikavser Kodam VII/Wirabuana Manado
  7. Kikavser Kodam IX/Udayana Denpasar
  8. Kikav PUSLATPUR
Detasemen kavaleri
Satuan kavaleri setingkat detasemen dalam TNI-AD adalah:
  1. Detasemen Kavaleri 1 Kodam VI/Tanjungpura
  2. Detasemen Kavaleri 2 Kodam VI/Tanjungpura di Pontianak
  3. Detasemen Kavaleri 3 Kodam XVII/Cenderawasih di Timika
  4. Detasemen Kavaleri Berkuda Pussenkav TNI-AD
  5. Detasemen Kavaleri 5 Kodam XVI/Pattimura
  6. Detasemen kavaleri PASPAMPRES TNI
Organisasi batalyon
Batalyon Kavaleri biasanya terdiri dari 3 Kompi Pemukul, dan 1 Kompi Markas. Markas Kompi Batalyon Kavaleri biasanya tersebar di beberapa kota. Misal: Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta yang bermarkas di Ambarawa memiliki kompi yang bermarkas di Yogyakarta.
Selain Kesatuan Batalyon Kavaleri yang berada dibawah struktur komando TNI-AD, terdapat juga Kesatuan Resimen Kavaleri yang berada di bawah Korps Marinir TNI-AL.

Batalyon kavaleri di Indonesia

1 Yonkav 1/Tank Badak Ceta Cakti, Cijantung Divif 1/Kostrad, Tank
2 Yonkav 2/Tank Turangga Ceta Ambarawa, Semarang Kodam IV/Diponegoro, Tank
3 Yonkav 3/Tank Andhaka Cakti Singosari, Malang Kodam V/Brawijaya
4 Yonkav 4/Serbu Kijang Cakti Bandung Kodam III/Siliwangi Tank dan Panser
5 Yonkav 5/Serbu Dwi Pangga Ceta Muara Enim, Sumatera Selatan Kodam II/Sriwijaya
6 Yonkav 6/Serbu Naga Karimata Medan Kodam I/Bukit Barisan
7 Yonkav 7/Panser Khusus Pragosa Satya Cijantung Kodam Jaya Panser
8 Yonkav 8/Tank Narasinga Wiratama Beji, Pasuruan Divif 2/Kostrad
9 Yonkav 9/Serbu Cobra Serpong, Bekasi Kodam Jaya Tank dan Panser
10 Yonkav 10/Serbu Mendagiri Makassar Kodam VII/Wirabuana
11 Yonkav 11/Serbu Macan Setia Cakti Jantho, Aceh Besar Kodam Iskandar Muda
12 Yonkav 12/- Bulungan, Kalimantan Kodam VI/Tanjungpura

No comments:

Post a Comment

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
My Ping in TotalPing.com
Feedage Grade B rated
Preview on Feedage: cheap-electronics Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki